Unit Pengembangan Bahasa

PENGEMBANGAN BAHASA

Latar Belakang Unit Pengembangan Bahasa

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ke depan sangat pesat. Oleh karena itu pengetahuan bahasa pada dunia pendidikan sangat menentukan kualitas sumber daya manusia dan kehidupan akademis yang terlibat secara langsung pada proses pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Visi Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Palangkaraya yaitu “Mewujudkan cendikiawan Kristen yang beriman, bermoral dan mampu menjawab tantangan zaman melalui Pendidikan Agama dan Keagamaan Kristen tingkat tinggi.” Dengan salah satu misinya adalah “Meningkatkan kualitas penyelenggaraan dan pengembangan lembaga pendidikan tinggi keagamaan Kristen.”

Upaya Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Palangkaraya untuk meningkatkan kualitas penyelengaraan dan pengembangan lembaga pendidikan tinggi keagamaan kristen salah satunya adalah dengan membentuk beberapa unit yang keberadaanya berfungsi untuk menunjang penyelengaraan dan pengembangan lembaga Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Palangkaraya.

Sejak Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Palangka Raya didirikan pada tahun 2004 telah memiliki unit Laboratorium Bahasa dan Studio yang sekarang berganti nama menjadi Unit Pengembangan Bahasa. Unit ini ada sebagai fasilitas membantu berjalannya proses pendidikan dan Perkuliahan secara inovatif dan kreatif. Oleh karena itu unit Pengembangan Bahasa, selain mendukung berjalannya perkuliahan juga, membantu mengembangkan kualitas berpikir dan berbahasa yang baik dan benar.

Adapun Visi dam Misi Unit Pengembangan Bahasa adalah sebagai berikut :

Visi

Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dalam berbahasa asing untuk pengembangan akademis serta menghadapi tantangan zaman dalam persaingan masyarakat global.

Misi

1. Membantu pengembangan kompetensi tenaga pendidikan dan pelayanan gereja yang memiliki kemampuan berbahasa asing.

2. Memberikan layanan pelatihan pengembangan berbahasa asing bagi lingkungan Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Palangka Raya dan masyarakat umum.

3. Menjalin kerjasama dengan lembaga atau pihak terkait yang berkompetensi turut serta dalam membantu pelayanan Unit pengembangan Bahasa di Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Palangka Raya.

4. Menyelenggarakan kegiatan test kemampuan berbahasa asing (TOEFL) bagi lingkungan Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Palangka Raya dan masyarakat umum.

Tujuan Program dan Kegiatan Unit Pengembangan Bahasa

Unit Pengembangan Bahasa Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Palangka Raya, memiliki tujuan sebagai berikut :

1. Menghasilkan Cendikiawan Kristen yang menguasai bahasa asing sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja di dalam negeri maupun luar negeri.

2. Menghasilkan Cendikiawan Kristen yang memiliki kemampuan bahasa asing untuk dapat mengembangkan keilmuan.

3. Mewujudkan pelayanan prima dalam pelatihan bahasa asing bagi Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Palangka Raya dan masyarakat umum.

4. Meningkatkan sarana dan prasarana yang refresentatif pada unit pengembangan bahasa Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) Palangka Raya.

Kegiatan Unit Pengembangan Bahasa :

• Penyelenggaraan Test Kompetensi TOEFL Bagi Mahasiswa

• Penyelenggaraan Test Kompetensi TOEFL Bagi Umum

• Pelaksanaan Test Kompetensi TOEFL-LIKE Bagi Mahasiswa

• Pelaksanaan Test Kompetensi TOEFL-LIKE Bagi Umum

• Peminjaman Laboratorium Bahasa

• Penyelenggaraan Intensive Course Bagi Mahasiswa Baru

• Penyelenggaraan Intensive Course Bagi Umum

• Penterjemahan dan Revisi Abstrak Bahasa Inggris