Salah Satu Mahasiswa STAKN dikukuhkan menjadi Duta Baca Provinsi Kalimantan Tengah 2018


Tanggal Upload: 24-11-2018
Pukul : 11.40 WIB

Palangka Raya - Dalam rangka meningkatkan minat baca, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah melakukan pengukuhan terhadap Duta Baca Jumat (23/11/2018). Pemilihan Duta Baca tersebut diikuti oleh beberapa mahasiswa dari beberapa Perguruan Tinggi di Kalimantan Tengah, dan diseleksi ketat oleh Dewan Juri dari Dinas Perpustakaan Daerah dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah beserta Pengurus Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah. Dari sekian banyak mahasiswa Perguruan Tinggi tersebut, hanya mahasiswa STAKN Palangka Raya yaitu: Fantacio Vida La’aquina yang mampu menyandang gelar sebagai Duta Baca Provinsi Kalimantan Tengah. Perjuangan melewati tahapan demi tahapan seleksi yang dilalui oleh Cio panggilan akrabnya, patut kita apresiasi apalagi membawa harum nama STAKN Palangka Raya di mata masyarakat Kalimantan Tengah.

Cio yang juga mantan Ketua Senat Mahasiswa STAKN Palangka Raya periode 2017-2018, merasa senang dapat dikukuhkan menjadi Duta Baca Provinsi Kalimantan Tengah. Dia mengatakan bahwa segala sesuatu tersebut melalui beberapa proses yang panjang, termasuk juga dalam hal membaca membutuhkan proses mulai dari bagian awal sampai akhir. “Kebanyakan orang-orang zaman sekarang hanya membaca bagian-bagian penting saja tanpa mengetahui makna esensi yang sebenarnya dari bacaan buku tersebut, dan yang lebih parah lagi apabila orang-orang hanya membaca buku apabila hanya ada tugas atau ada hal penting saja”, pungkasnya. Duta Baca ini juga berpesan “No Smartphone while reading a book” intinya agar tidak menggunakan Smartphone ketika sedang membaca suatu buku, artikel, atau bacaan lainnya, karena dapat menggangu konsentrasi dari si pembaca.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, Susana Ria Aden mengucapkan selamat atas pengukuhan saudara Fantacio Vida La’Aquina sebagai Duta Baca Provinsi Kalimantan Tengah. “Melalui kesempatan ini, diharapkan kepada para peserta, baik mahasiswa, pelajar dan guru serta masyarakat umum agar bisa memanfaat waktu untuk terus bergerak mencari ilmu”. Turut hadir dalam acara pengukuhan tersebut Kepala UPT Perpustakaan STAKN Palangka Raya, Bapak Julidi Lahagu. Beliau mengucapkan selamat atas terpilihnya Fantacio sebagai Duta Baca dan terus mendukung tugas-tugas yang akan diemban oleh Duta Baca terpilih. “Dengan Duta Baca tersebut, diharapkan bisa menjadi role model atau figur, untuk menularkan kegemaran membaca kepada masyarakat,” tuturnya.

Kembali >