RELEASE PEMBEKALAN MAHASISWA PPL JURUSAN TEOLOGI KRISTEN


Tanggal Upload: 12-05-2018
Pukul : 15.40 WIB

PALANGKA RAYA - Setiap tahun, Jurusan Teologi Kristen mengutus mahasiswa melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ke lembaga gereja dan lembaga pelayanan Kristen lainnya di wilayah Kalimantan Tengah. Tujuan kegiatan Pembekalan Mahasiswa PPL adalah membekali mahasiswa agar siap hadir, mengalami, menggumuli dan melakukan aksi dalam rangka belajar sekaligus mempraktikkan ilmu pengetahuan teologi di tengah gereja dan masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Sabtu Tanggal 12 Mei 2018 di Aula STAKN Palangka Raya ini diikuti oleh 76 orang peserta PPL Jurusan Teologi Kristen yang akan melaksanakan PPL selama 1,5 bulan di berbagai gereja.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa dibekali tentang metode Lingkaran Pastoral yang gunanya menolong mahasiswa mengobservasi lapangan melalui 4 (empat) tahap, yakni: (1) mendeskripsikan persoalan riil yang dihadapi masyarakat setempat (burning issue) , (2) melakukan analisis untuk menjawab pertanyaan mengapa persoalan tersebut bisa terjadi, (3) melakukan refleksi teologis terhadap masalah-masalah yang ditemui di lapangan dan (4) mempersiapkan rencana aksi teologis. Metode Lingkaran Pastoral juga dapat digunakan untuk mempersiapkan khotbah-khotbah yang kontekstual di lapangan. Materi ini dibawakan oleh Dr. Darius Dubut, MM, Managing Consultant Mission21 .

Pada kesempatan ini pula berkesempatan hadir Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si. Beliau memberikan pengarahan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan PPL.

Kembali >