Sub Bagian Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni

Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni

Kepala Sub Bagian Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni: Fitrisiswanty, SE

1. Registrasi Administrasi Mahasiswa

Adalah pelayanan terhadap setiap mahasiswa untuk memperoleh status terdaftar sebagai mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Kristen negeri Palangka Raya. Tujuannya untuk mengatur dan menertibkan, sekaligus mendapatkan data yang akurat tentang jumlah maupun informasi tentang mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan.

a. Registrasi Mahasiswa Baru

b. Registrasi Mahasiswa Lama

2. Registrasi Akademik Mahasiswa

Adalah pelayanan terhadap mahasiswa untuk mendaftarkan diri menjadi peserta kuliah dan atau kegiatan akademik (Praktikum, PKL, KKN, Kuliah Kerja Profesi, dll) yang ditawarkan di semester tertentu. Hal ini bertujuan untuk memperoleh status dan hak untuk mengikuti kegiatan akademik.

a. Registrasi Mahasiswa Baru

b. Registrasi Mahasiswa Lama

3. Kelalaian Melaksanakan Akademik Mahasiswa

a. Mahasiswa yang sudah melaksanakan registrasi administrasi, tetapi belum melaksanakan registrasi akademik maka IP-nya pada semester terkait dianggap nol.

b. Mahasiswa yang sudah melaksanakan registrasi akademik tetapi tidak melaksanakan kegiatan akademik (kuliah), maka IP-nya pada semester terkait dianggap nol.

4. Perubahan Administrasi Akademik

Adalah pelayanan terhadap seluruh mahasiswa yang telah melakukan registrasi, untuk melakukan perubahan atau memperbaharui data registrasi.

5. Proses Alur Nilai dan Pemantauan Perkembangan Studi Mahasiswa

6. Pengadministrasian Ujian-Ujian

Ujian terdiri dari ujian mata kuliah (Ujian Tengah Semester) dan Ujian Akhir Program (Skripsi) yang pelaksanaan dan pengaturannya sesuai dengan kalender akademik.

7. Pengadministrasian Akhir Studi dan Yudisium

Mahasiswa yang lulus ujian skripsi dalam periode bulan yang bersangkutan dinyatakan dalam surat keputusan wakil ketua I yang membuat nama, NIM, Program Studi predikat kelulusan dan lama studi. Dengan dasar surat keputusan ini, mahasiswa yang bersangkutan dapat mengisi borang terminal yang dilampiri dengan transkrip mata kuliah yang telah ditanda tangani oleh wali dosen, diketahui oleh ketua program studi dan wakil ketua I, sebagai syarat perngakhiran studi.

8. Alih Program

Adalah perpindahan mahasiswa dari suatu jurusan/prog. studi ke jurusan/prog. studi yang lain. Alih program dapat dilaksanakan dengan memenuhi syarat tertentu yang telah ditetapkan pada subbagian akademik.

9. Program Strata 1 S1 Peralihan

Program peralihan adalah program pendidikan sarjana (program akademik) yang diperuntukkan bagi lulusan program vokasi yang memenuhi syarat yang ditetapkan. Istilah peralihan digunakan untuk menggambarkan perpindahan bidang pendidikan yang diikuti oleh mahasiswa dari pendidikan program vokasi ke pendidikan program akademik. Program ini diselenggarakan dalam rangka mendukung prinsip pendidikan sepanjang hayat (lifelong learning) serta mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan akses pendidikan untuk semua (education for all), serta meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi di Indonesia. Dalam rangka menjamin agar proses pendidikan berlangsung dengan baik dan menghasilkan lulusan yang berkualitas, STAKN menerapkan proses seleksi yang ketat bagi para pelamar agar calon mahasiswa yang mengikuti program peralihan ini adalah calon mahasiswa terbaik yang dapat memenuhi standar pendidikan program sarjana di IPB.

Melalui seleksi yang ketat terhadap input dan aplikasi sistem jaminan mutu yang baik, STAKN berupaya agar kualitas lulusan yang dihasilkan dari program peralihan pendidikan benar-benar setara dengan lulusan program S1 reguler dari Program Studi yang sama, karena standar penjaminan mutu yang digunakan dalam proses pendidikan menggunakan standar yang sama dengan program S1 reguler, dan penyelenggaraan pendidikannya juga terintegrasi ke dalam penyelenggaraan program S1 reguler.